Cara Membuat Toko Online Sederhana dan Menarik Banyak Pelanggan

Toko Online (Online Shop)

CiptaanTangan.com

Cara Membuat Toko Online Sederhana dan Menarik Banyak Pelanggan

Toko Online atau yang biasa dikenal dengan istilah E-Commerce sangatlah bermanfaat bagi anda yang gemar atau senang untuk berbelanja secara online. Biasanya orang-orang yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi pastilah tidak punya banyak waktu untuk berbelanja. Nah dengan kehadiran Toko Online akan memberikan ruang bagi mereka yang tidak sempat untuk pergi membeli barang ke sebuah toko.

Trend berbelanja yang perlahan-lah mulai bergeser mulai dari cara berbelanja secara tradisional sampai berbelanja online atau online shop saat ini tengah menjadi sangat di gandrungi oleh masyarakat luas dimana selain hemat waktu anda juga dapat dengan leluasa memilih produk yang diinginkan tanpa harus repot-repot datang ke toko tersebut. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya tentang sebuah toko online yang saat ini tengah menjadi pilihan berbelanja bagi banyak orang yakni Tokopedia.com, selain toko online tersebut sebenarnya masih banyak toko-toko online yang lainnya, seperti Lazada, Bukalapak, dan sebagainya.

Baca Juga :  Cara Membuat Akun Baru Tokopedia.com Dengan Mudah

Apa itu Toko Online?

Toko Online adalah sebuah retail yang memiliki form dan memungkinkan konsumen untuk secara langsung membeli produk, layanan bahkan jasa dari penjual melalui internet menggunakan web browser ataupun menggunakan Aplikasi Mobile yang lainnya. Toko Online biasa disebut online shop, online store, e-shop, e-store, e-web-store, web-store, web-shop, Internet shop,dan virtual store, dll.

Toko Online merupakan perealisasian sebuah toko secara online atau wadah untuk melakukan transaksi jual-beli dengan menggunakan koneksi internet secara online. Bisa diartikan bahwa toko online adalah toko di dalam sebuah koneksi internet. Dapat kita ambil kesimpulan bahw toko tersebut tidak ada bangunan layaknya sebuah toko asli yang dapat kita lihat di dunia nyata atau bahkan kita tidak bertatap muka langsung antar si pembeli dengan si penjual.

Di sebuah toko online hanya terdapat sebuah website yang berisikan barang serta informasi dan harga barang-barang yang di jual dan cara membeli barang tersebut. Dengan kehadiran sebuah toko online tentunya banyak memberikan keuntungan baik bagi si pembeli barang maupun si penjual barang. Mungkin anda masih bertanya-tanya bukan apa sebenarnya keuntungan jika memiliki sebuah toko online.

Apa Keuntungan Memiliki Toko Online?

Keuntungan Memiliki Toko Online Sendiri :
  • Biaya yang dikeluarkan untuk membuka toko tentunya sangat murah (Membeli domain sekitar 70-120 ribu/tahun) atau jika anda ingin menggunakan hosting biasanya ada yang menjual dengan harga berkisar 300 rb/tahun (sebagai penyimpan data-data barang dan transaksi penjualan)
  • Pegawai/Karyawan yang dibutuhkan relatif lebih sedikit (Anda hanya butuh koneksi internet dan pelayanan pelayanan online kepada calon pembeli)
  • Anda bisa menjual produk atau barang orang lain (Dengan program Reseller)
  • Jangkauan pasar yang tanpa batas dan mampu menjangkau ke seluruh penjuru dunia
Nah, itulah sekilas pengenalan kita tentang Toko Online. Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk dapat memiliki sebuah toko online sendiri yang sederhana dan bisa menarik minat calon pembeli untuk berbelanja ke situs website yang kita miliki.

Jika anda berencana untuk membuat toko online sendiri caranya ternyata tidaklah terlalu sulit. Anda dapat mencari jasa pembuatan sebuah website yang pastinya mampu untuk membuat website jual beli online yang sesuai dengan keinginan anda. Saya dapat memberikan anda rekomendasi, Anda bisa coba menghubungi kontak Jasa Pembuatan website www.itsiantar.net yang merupakan salah satu perusahaan pembuat Website. Bahkan kalau anda berencana untuk membuat Aplikasi Android dan iOS sebagai pendukung website anda IT Siantar juga mampu untuk melaukan hal tersebut.

Untuk Anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, kali ini saya akan coba berbagi tips dan caranya bagi anda. Simaklah langkah-langkah yang akan saya jabarkan berikut ini.

Berikut Cara Membuat Toko Online Sederhana dan Menarik Banyak Pelanggan :

1. Analisa Pasar dan Produk
Pertama sekali yang harus anda pahami untuk membuat sebuah situs website jual-beli terlebih dahulu anda harus melakukan analisa pasar dan produk untuk mengetahui target atau sasaran calon pembeli yang tentunya berminat untuk membeli barang di website anda, kemudian lakukan analisa dalam hal iniapakah produk yang nantinya akan anda jual termasuk dalam produk banyak diminati banyak orang.

2. Menentukan Produk
Anda harus memiliki banyak ketersediaan stok produk yang memadai yang akan anda jual secara online. Usahakanlah agar barang yang tampil pada toko online anda agar selalu update mulai dari harga, stok ketersediaan, deskripsi produk, bahkan penentuan diskon, dan promo produk serta rekapitulasi penjualan barang.

3. Pemilihan Nama Domain Yang Tepat
Dalam menentukan sebuah nama pada toko anda yang pertama anda terlebih dahulu harus membeli sebuah nama domain yang tepat dan sesuai dengan citra dari produk-produk yang akan anda pasarkan. Bila sebelumnya produk anda sudah memiliki brand sendiri, saya sarankan supaya anda memilih sebuah nama domain yang ringan dan mudah di ingat. Seperti : mata.co.id (simpel dan tegas)

Yang kedua yaitu menentukan keyword domain anda  carilah keyword sederhana yang dapat di cari di search engine (google, yahoo, dll), silahkan pilih domain yang sesuai dengan usaha anda.

4. Hosting, Themes, dan CMS
Anda harus mempersiapkan hosting untuk toko online anda, pesanlah dari di penyedia hosting terpercaya yang dapat anda temukan di Google. Atau bisa langsung mempercayakan kepada penyedia jasa yang tadi sudah saya sebutkan, yakni www.itsiantar.net. Untuk Themes  dan CMS tentu saja penyedia jasa layanan tersebut sudah mengetahui daripada anda.

Jika anda menguasai bahasa pemrogram website anda bisa menggunakan Wordpress dan menggunakan template yang biasanya banyak disediakan secara gratis dan anda dapat menentukan themesnya sesuai dengan selera anda.

5. Buatlah Halaman Landing Yang Menarik
Mungkin anda masih bingung apa itu Halaman Landing, lantas Bagaimanakah cara membuatnya? Sebenarnya cukup mudah yaitu dengan membuat sebuah promo produk dengan potongan harga serta penawaran-penawaran menarik lainnya.

Anda dapat membuat sebuah banner promo tentunya yang akan membuat mata pengunjung situs anda agar tertarik dengan promo tersebut yang akan membuat mereka akhirnya membeli produk dari toko online anda.

6. Lakukan Promosi Melalui Media Sosial
Promosi merupakan kunci terpenting bagi anda, karena dengan anda mempromosikan toko anda, akan mengundang perhatian calon pembeli untuk melihat-lihat barang-barang yang anda jual. Selain melalui media sosial anda juga dapat cara manual dari mulut ke mulut atau bisa menggunakan jasa ikan yang dapat anda temukan di Google.

Demikianlah Cara Membuat Toko Online Sederhana dan Menarik Banyak Pelanggan. Jika anda merasa bahwa artikel ini membantu anda dalam menemukan informasi yang anda butuhkan, Anda dapat membagikannya kepada teman-teman anda melalui media sosial Facebook, Twitter ataupun yang lainnya. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih. Selamat mencoba dan semoga sukses :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...