Tips Ampuh Merawat AC Split Dengan Biaya Murah

Di zaman yang serba modern saat ini banyak semakin banyak sekali polusi yang menyebabkan suhu udara semakin panas saja. Sehingga banyak orang menggunakan bermacam-macam alat untuk menurunkan suhu panas tersebut termasuk salah satunya menggunakan AC (Air Conditioner).
AC (Air Conditioner)

Dimana AC tersebut sangatlah berguna sekali untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan ketika cuaca panas sedang datang melanda.

Apa itu AC (Air Conditioner?

AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mendinginkan suhu udara dengan cara yaitu mensirkulasikan gas refrigerant yang berada di pipa dan kemudian di tekan dan di hisap oleh kompresi.

Dengan menggunakan AC atau Air Conditioner bisa membuat kita akan merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam ruangan. Pada saat ruangan terasa panas, tentunya kita akan malas bukan untuk bergerak. Apalagi pada lingkungan di daerah perkotaan yang panas, memiliki sebuah AC atau Air Conditioner sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib untuk dimiliki. Sebut saja kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Batam dan kota lainnya yang memiliki jumlah penduduk sangat banyak, pastinya suhu udara disana akan terasa sangat panas.

Sehingga AC menjadi sangat penting untuk di gunakan, namun bagaimana jika tiba-tiba AC anda mengalami kerusakan? Tentunya suhu di dalam ruangan anda akan terasa panas bukan. Nah untuk itu perlu juga anda untuk mengetahui bahwa mesin pendingin (AC) ini juga perlu dilakukan perawatan secara rutin agar tetap dapat berjalan dengan baik.

Dan kali ini, saya akan membagikan coba untuk membagikan tips ampuh merawat AC dengan biaya murah dan tentunya dengan cara yang baik dan benar. Namun terlebih dahulu saya akan jelaskan alasan mengapa begitu pentingnya untuk melakukan perawatan terhadap mesin pendingin/Air Conditioner (AC).

4 Alasan Anda Perlu Merawat AC Secara Rutin:
  1. Mencegah agar AC tidak mengalami kerusakan yang fatal
  2. Mencegah air pada AC mengalami kebocoran
  3. Supaya Air Conditioner (AC) tetap dapat bekerja dan berjalan dengan baik
  4. Untuk Menghemat tagihan listrik, sebab jika AC kotor dapat membuat kerja kompresi menjadi lebih berat.
Nah, itu alasan yang perlu untuk anda ketahui bagaimana caranya untuk melakukan perawatan secara Rutin terhadap mesin pendingin/air conditioner yang anda miliki, selanjutnya saya akan memberikan tips ampuh untuk merawat AC Split dengan biaya murah.

2 Tips Mudah Cara Merawat AC Split

1. Bersihkan Filter Udara (Saringan) AC.

Anda sebaiknya membersihkan bagian Filter Udara (Saringan) yang terdapat pada AC anda secara rutin, untuk menghindarkan gangguan akibat kotoran debu yang menempel pada Filter tersebut. Filter ini terletak di bagian dalam AC. Anda dapat mengikut langkah-langkah berikut ini :
  • Buka tutup chasing bagian depan, lalu lepaskan filternya. 
  • Kemudian cuci filter yang tadi sudah anda lepas dengan sabun sampai bersih. 
  • Setelah itu, diamkanlah beberapa menit sampai mengering
  • Lalu pasang kembali jika filternya sudah kering. 
  • Lakukanlah hal ini satu minggu sekali supaya kotoran pada filter tidak terlalu tebal.
2. Service AC Secara Rutin Minimal 1 (Satu) Kali Dalam 3 (Tiga) Bulan.

Perlu anda ketahui bahwa untuk Service AC ada dua jenis bagian yang harus anda lakukan, yaitu service AC bagian dalam (Unit Indoor) atau Service AC bagian luar (Unit Outdoor).

Service AC bagian dalam (Unit Indoor)

Cara untuk melakukan Service Unit Indoor adalah dengan membuka tutup atau casing AC, kemudian gunakan air bersih untuk membersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya. Dan juga semprotlah saluran pembuangan air AC supaya pembuangan menjadi lancar dan tidak bocor dikemudian hari.

Dalam melakukan proses ini anda harus melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai papan PCB atau modul AC terkena air, karena dapat mengakibatkan kerusakan yang berisiko.

Service AC bagian luar (Unit Outdoor)

Cara untuk melakukan Service Unit Outdoor atau bagian luar AC jauh lebih mudah dibandingkan membersihkan AC bagian dalam tadi, karena Anda tidak perlu membongkar atau membuka tutup casingnya. Dimana Anda dapat langsung menyemprot evaporatornya dengan air. Namun juga anda harus teliti dalam melakukan cara ini agar tidak menyebabkan kerusakan pada AC anda.

Dan perlu juga untuk anda ketahui jika ingin melakukan proses pembersihan AC ini, Tentunya anda harus memiliki beberapa alat yaitu motor steam.

Motor Steam adalah penyemprot air yang memiliki mengeluarkan air dengan sangat kencang sehingga mampu membersihkan kotoran pada AC anda bersih total.

Demikianlah Tips Ampuh Merawat AC Split Dengan Biaya Murah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, namun bila Anda tidak memiliki waktu luang dan juga alat-alat yang diperlukan, tentunya Anda harus meminta bantuan jasa dari tukang service AC yang profesional, maka AC Anda pun akan segera dibersihkan seperti baru kembali.

Merawat AC tentu saja merupakan kewajiban bagi pemiliknya, sehingga anda dapat terus menggunakannya sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga Tips kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat Mencoba :D

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...