Cara Membuat Google Forms (Formulir Online Dari Google)

Dalam berbagai perlombaan atau pun kompetisi pastilah akan di awali dengan proses pendaftaran, dimana didalam formulir akan di isi biodata para peserta bertujuan untuk mengumpulkan dan mengetahui berapa banyak para peserta kah yang sudah mendaftar.

Google Forms
Kalau dahulu dalam mengisi sebuah formulir masih menggunakan kertas, di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini sudah dapat mengisi formulir secara online. Dan lagi-lagi Google telah menyediakan layanan tersebut untuk anda dapat membuat sendiri formulir online sesuai dengan data yang anda butuhkan.

Apa itu Google Forms?

Google Forms adalah layanan dari Google yang dapat digunakan untuk membuat formulir online yang disematkan di halaman web atau dibagikan melalui media sosial.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Beserta Contoh

Mungkin bagi anda yang masih bingung untuk membuat formulir online yang sesuai dengan keinginan anda, kini saatnya untuk mulai mencoba membuat formulir sendiri memakai Google Forms dan anda juga dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatan Google Forms tersebut.

Cara Membuat Formulis Online

Sebenarnya membuat formulir online bisa dengan berbagai cara, tapi kenapa pake Google Forms?

Karena selain dapat membuat tampilan yang keren, cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah dan sederhana. Dan yang paling penting anda dapat memanfaatkan banyak pilihan menu yang terdapat didalamnya.

Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Forms

Dan bagi kalian yang sudah mulai penasaran dan ingin segera membuat formulir online keren yang menggunakan aplikasi Google Forms, simak langkah-langkah pembuatannya dibawah ini.
Langkah-Langkah Membuat Google Forms
  1. Langkah pertama, buka Google Drive di http://drive.google.com, Kemudian login memakai akun Google yang anda miliki. 
  2. Pilih My Drive > More > Google Forms



    Maka akan muncul formulir baru seperti gambar di bawah ini.

  3. Ganti Untitled Form dengan Judul yang anda inginkan, Form description dengan deskripsi/penjelasan formulir dan Untitled Question dengan pertanyaan yang anda inginkan. Ada beragam pilihan yang bisa anda pilih seperti : short answer, paragraph, multiple Choice, Checkboxes, Dropdown, dll.



    Contoh dibawah ini :
    - Untuk nama lengkap pilih Short Answer. Kemudian untuk menambah pertanyaan berikutnya
    - Klik tanda tambah (+) di sebelah kanan.
    - Alamat aku pilih Paragraph.
    - Jenis kelamin, aku pilih Multiple Choice.
    - Url postingan aku pilih Short Answer.
  4. Setelah semua pertanyaan selesai, klik SEND.



    Selesai!
  5. Hasil formulir yang tadi dibuat akan tampak seperti ini :

Demikianlah cara membuat google form (formulir online dari google) yang dapat langsung anda praktekkan sendiri. Bahkan anda tidak perlu lagi repot-repot membuat koding pada situs website anda. Sebab ketika formulir tersebut telah jadi anda juga dapat menaruhnya dalam bentuk embed ke dalam halaman situs website anda.

Semoga artikel yang saya tuliskan ini dapat bermanfaat bagi anda, dan akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini sampai habis, selamat mencoba dan semoga sukses.


Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...