Cara Membuat Cilok Gurih Saus Kacang

Salah satu negara yang memiliki berbagai macam kuliner dengan cita rasa yang gurih dan nikmat yaitu Indonesia, negara yang memiliki lebih dari 250 juta penduduk ini punya banyak sekali makanan khas dari berbagai daerah.

Salah satu makanan favorit yang cukup terkenal di daerah Jawa Barat yaitu Cilok makanan yang memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang gurih merupakan salah satu makanan khas yang sangat digemari.

Cilok Saus Kacang

Apa itu Cilok? 

Cilok adalah salah satu jajanan sederhana khas Jawa Barat yang paling banyak disukai oleh berbagai umur baik anak anak, remaja maupun orang dewasa. Cilok yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang gurih biasanya sangat kental dengan perpaduan bumbu kacang yang lezat membuat kita ketagihan untuk makan cilok.

Makanan ini hampir mirip dengan dengan pentol/bakso, yang mana dalam proses pembuatannya sama-sama direbus, akan tetapi jumlah daging pada cilok lebih sedikit dibanding dengan bakso yang biasa dijual dipasaran, maka tak heran jika cilok biasanya dijual dengan harga yang murah meriah.

Biasanya cilok dinikmati dengan menambahkan saus yang terdiri dari beberapa jenis saus yang bisa ditambahkan untuk melengkapi cilok, seperti saus sambal kacang, saus kacang, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Pop (Cake Pop)

Nah, bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat cilok sendiri dirumah, tidak ada salahnya anda melakukannya sendiri di rumah, dimana bertepatan dengan bulan ramadhan tahun ini anda dapat menjadikan cilok ini sebagai salah satu menu berbuka puasa maupun menu untuk sahur, dan kali ini saya akan berbagi informasinya kepada anda dengan membuat cilok gurih yang ditambahkan dengan saus kacang.

Berikut Cara Membuat Cilok Gurih Saus Kacang

Bahan-Bahan Membuat Cilok

- Tepung Kanji (500 g)
- Tepung Terigu (250 g)
- Daging sapi / ayam yang sudah halus (sesuai selera)
- Bawang Putih (beberapa siung)
- Gula, Garam, Merica (secukupnya)
- Irisan daun bawang
- Air (secukupnya)

* Anda juga bisa membuat cilok tanpa daging sapi/ayam yakni menggunakan kaldu sachet, namun saya sarankan agar rasa cilok lebih enak sebaiknya anda menggunakan daging, semua terserah pada anda.
Langkah-Langkah Membuat Cilok
  1. Pertama, haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu (bawang putih, gula, garam, dan merica)
  2. Kemudian, campurlah tepung terigu dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi menggunakan air panas sampai tercampur secara merata.
  3. Setelah adonan cukup dingin, selanjutnya masukkan tepung kanji, isian daun bawang dan daging lalu diuleni sampai halus.
  4. Selanjutnya rebus air hingga mendidih dan tambahkan sedikit garam serta minyak goreng.
  5. Lalu bentuklah adonan hingga menjadi bulat-bulat (gunakan sendok atau dikepal dengan tangan).
  6. Masukkan adonan bulat-bulat kedalam air mendidih (tunggu sampai mendidih)
  7. Apabila sudah mengapung dan mengkilat segera angkat & tiriskan.
  8. Cilok pun selesai dibuat, dan selanjutnya anda tinggal menambahkan saus kacang.
Membuat Bumbu Saus Kacang Untuk Cilok
  1. Siapkan kacang tanah goreng sebanyak 150 gram, beserta 3 siung bawah putih, cabe rawit beberapa buah jika suka pedas dan jangan lupa tambahkan gula merah, garam, air secukupnya.
  2. Kemudian haluskan semua bahan yang sudah disiapkan dengan menggunakan blender
  3. Selanjutnya didihkan bumbu saus sampai mengental.
  4. Cilok Saus Kacang pun siap dihidangkan. 
Demikianlah cara membuat cilok gurih saus kacang dengan cara yang mudah dan sederhana yang dapat anda praktekkan langsung dirumah. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktu anda telah membaca artikel ini, jika anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang telah disediakan, selamat mencoba dan semoga sukses.

Loading...
Loading...
Previous
Next Post »
Loading...